Mengenal Openchart Yuk

Bagi para pelaku eCommerce pasti sudah tak asing lagi mendengar Opencart. Ya, opencart adalah cms eCommerce yang sangat mudah dan cukup sering dipakai. Saya sendiri mulai tertarik menggunakan Opencart karena melihat-lihat thread yang ada di kaskus. Awalnya saya cuma iseng-iseng doang nyobain Opencart tetapi ternyata ketagihan dan lama-lama tertarik memakainya untuk klien saya.
Nah, pada kesempatan post kali ini, mari yuk kita mengenal Open cart lebih dalam lagi. Seiring berkembangnya eCommerce di masyarakat kita, maka Opencart pun mulai naik pamornya di kalangan Developer tanah air. Kenapa sih harus menggunakan opencart? padahal masih banyak cms-cms ecommerce lainnya seperti Prestashop, Zencart, oScommerce, dan masih banyak lagi.
kalau saya sendiri memilih opencart karena user friendly banget. Saya baru coba-coba install opencart di Localhost, beberapa menit kemudian saya sudah bisa dan langsung mengoprek opencart. Lalu apa sih kelebih dari Opencart?
Seperti yang tertera di situs resminya, kenapa menggunakan Opencart?
  1. Open source, tentu saja ini bisa membuat opencart berkembang terus
  2. Multi Currency, mata uangnya bisa apa saja
  3. Multi Language, bisa berbagai macam bahasa
  4. Product Reviews & Product Ratting, membantu sekali untu calon pembeli yang ingin mereview atau bertanya-tanya
  5. Automatic Image Resize, jadi sudah otomatis nih gambar yang di upload di resize.
  6. Diperbolehkan menghapus footer di Credits
Ada kelebihan, ada juga kekurangannya. Sampai saat ini belum ada keterangan kekurangan dari situs resmi opencart. Tetapi menurut pengalaman saya menggunakan Opencart ada beberapa kekurangan yang membuat banyak pemakai oc beralih
  1. Module dan templatenya banyak yang berbayar.
  2. Untuk menginstall suatu module tidaklah mudah, karena harus mengupload satu-persatu file ke folder tertentu
  3. Ada kemungkinan bentrok dengan mod rules di hosting anda. (pengalaman pribadi)
  4. Menunya tidak mudah untuk diganti, karena menu di opencart sudah merupakan system.
Bagaimana? Masihkah anda tertarik belajar dengan Opencart? Kalau saya pribadi sih masih terus tertarik dan akan terus mengoprek opencart. Bagi para developer pemula menggunakan opencart adalah sebuah tantangan tersendiri. Karena kita juga dituntut untuk sedikit-sedikit ngoprek scriptnya. jadi tidak langsung asal pakai saja.
Semoga saja artikel ini berguna bagi anda yang ingin belajar opencart

0 komentar:

Posting Komentar